mizzsekar
ini sebenernya adalah kata - kata yang sering bahkan selalu kita gunakan setiap saat. ketika kita menerima sesuatu pekerjaa., dimana pekerjaan itu dipercayakan kepada kita.

yukz, diingetin dulu apa sih sebenernya tanggung jawab itu. menurut arti kata, tanggung jawab itu adalah sesuatu yang wajib kita tanggung segala resikonya. kalo kesalahan boleh di tuntuk atau di persalahkan. artinya, beban moralnya besar.

buat gue pribadi, tanggung jawab itu adalah sebuah bentuk kepercayaan seseorang terhadap kita. papaun bentuknya dan sesimple apa pun bentuknya. sekali tanggung jawab ya tetep tanggung jawab aja.

sekarang yang jadi pertanyaan gue, siapkah setiap indi vidu mempertanggung jawabkan segala perbuatannya? baik yang simple sampe yang besar? menurut gue gak semua orang bisa mempertanggung jawabkan segala hal. contoh konkret sekarang deh. masih inget dengan berita yang super gress? tentang mantan bendahara demokrat yang ketangkep di columbia? inget dong ya. kalo gue liat sih, dia sama sekali gak bisa bertanggung jawab dengan apa yang dia lakukan. kenapa harus kabur. bukankah harusnya dia stay aja di Indonesia, dan segera menyelesaikan masalah dia. tapi gak kan.

itu contoh besarnya. coba diinget lagi, adakah tanggung jawab yang kadang simple tapi masih sering kita abaikan dan kita anggap remeh. contoh deh, misal udah jadi keharusan kita sebagai umat islam untuk melakuka kewajiban atas perintahnya. yaitu Sholat. nah sekarang kalo kita gak melakukannya, siapkah kita mem-per- tanggung - jawab- kan segala kelalaian kita? di hari akhir.

so, apapun bentuk tanggung jawab itu. berusahalah se bisa mungkin dan harus bisa untuk menjaganya dan melaksanakannya. toh, kalo emang gak kuat dan gak sanggup bilang aja. gak susah ini kan.

yuk, sama - sama belajar jadi pribadi yang bisa bertanggung jawab yuk :)
Labels: edit post
0 Responses

Post a Comment