mizzsekar
kalo gue perhatiin, makin lama trend online shop makin menjamur. mulai dari pelajar yang iseng cari uang sampingan sampe emak - emak yang masih bernaluri pedagang setelah menikah dan punya anak. hihihii.... *dan kayaknya ini pun berlaku buat gue kalo udah nikah ntar*

gue lupa persisnya kapan gue mulai bikin account di salah satu hmmm apa ya namanya, pokoknya gue bikin account di multiply deh. kalo gak salah sekitar tahun 2006-an. pada mulanya gue bikin cuma iseng - iseng jualan barang 2nd hand. alias barang bekas yang masih layak pakai. kayak sepatu, tas bahkan baju yang tag-nya pun belom gue copot *biasanya beli karena keinginan* hehehehhe..... dan ternyata laku. laku keras malah. dari situ adalah titik yang akhirnya mengajak gue untuk seriusin buka online shop.

mulai dari 2nd hand, kain batik sampe ke kosmetik pun gue jual. eh, tapi bukan buat jualan doang sih. makin kesini, punya account di multiply itu bikin gue doyan banget belanja online. serius deh, beneran jadi ketagihan banget. kayaknya yang di cari di OL pasti ada semua. tinggal kita aja yang harus ati - ati.

sekarang gue mau share kelebihan dan kekurangan belanja di Online Shop :

KELEBIHAN 
  • Gampang. biasanya hampir semua barang yang di cari ada. tinggal googling dan langsunglah keluar seabreg link yang menunjukan online shop yang menjual barang yang kita cari.
  • gak capek. maksudnya adalah, kita gak mesti keluar rumah. cukup nyalain sambungan internet. yang sekarang lebih mudah dilakukan, transfer dan tinggal kita tunggu dengan manis dirumah ^^
  • jangkauan pasar luas. nah kalo yg ini jelas lah. biasanya costumer kita bisa dateng dari mana aja. bahkan dari daerah bagian timur pun ada. jadi bisa kemana - mana kalo dibandingin dengan offline yang hanya di satu daerah itu saja.

KEKURANGAN
  • tipu. serius deh, belanja online itu bisa bikin deg - degan. artinya, setelah kita transfer uang ke rekening yang di sebutkan seller. kita tinggal menunggu barang sampai atau gak. inilah saat yang paling menakutkan. sellernya beneran atau gak. nipu atau jujur. jadi, kita wajib memilih online shop yang sudah dipercaya dengan bertanya ke beberapa teman yang pernah berbelanja di OL shop itu atau membaca testimonial dari pembeli yang lain. kemudian, wajib menyimpan struck/ sms/ foto I-banking transferan kepada seller. jadi kalo ada apa - apa bisa kita buktikan.
  • Beda. yang ini pun jadi masalah, biasanya OL shop selalu memajang foto barang yang di jual. dan tidak sedikit yang melalui proses editing. jadi terlihat lebih bagus dari aslinya. padahal (mungkin) barangny udah bapuk a.ka budut. hihihihi.... atau ukuran baju / sepatu tidak sesuai dngan apa yang kita pesan. thats why, as a buyer we have to be detail. mencatat segala bukti percakapan dan menyimpan nya. biar kalo ternyata kita tidak menerima pesanan sesuai dengan yg kita inginkan. kita bisa melakukan klarisifikasi. nantikan akan ketahuan siapa yang teledor. kita atau seller.
  • Ditiru. ini hal biasa yang terjadi di kalangan OL shop. yang namanya plagiat tetep akan ada dimana - mana. jadi berhati hatilah. cari originalitas aja lah. kalo plagiat jelas biasaya kualitasnya jauh di banding dengan yang asli.

so, udah mulai paham kan? gue yakin, makin banyak buyer yang pinter. makin keranjingan lah dengan belanja online.

selamat berbelanjaaaaa ^^
Labels: edit post
0 Responses

Post a Comment