mizzsekar
hey hey, siapa yang lagi bikin novel?
atau lagi stuck mo ngerjain novel lo?

lemme share ya, gimana caranya biar lo gak stuck ngerjain novel kamu. tapi, ini menurut gue ya. soalnya selama proses pengerjaan novel #prewedding. ini yang sering gue lakukan. cekidot ^^ :)

1. cari quote atau kata - kata yang bisa bikin kamu yakin bahwa tulisan kamu ini beneran harus buruan dikelarin. atau cari quote yang ada kaitannya dengan novel kamu.

2. nonton beberapa film atau FTV yang bisa bikin mood kamu berubah. serius deh, ini ngaruh banget. tapi dengan catatan jangan sampe kacau apa yang pangen lo tulis. jangan jadi terpengaruh sama apa yang diliat. takut berubah jalan ceritanya. hehehhe....

3, carilah lagu yang bisa bikin mood lo bagus. bisa itu lagu yang semangat banget atau lagu yang menyayat hati a.ka lagu galau. hahahha... ( kalo gue kemaren banyak pake pilihan ke dua ) hihihi...

nah, dari ketiga option itu. gue lebih banyak pake pilihan ke tiga. bangun mood dari lagu. karena novel gue tentang percintaan yang melibatkan masa lalu. maka sejak awal dengan sengaja gue mengumpulkan lagu - lagu yang ada kaitannya dengn novel gue dalam satu playlist. yang selalu gue dengerin sebelum nulis dan selama nulis. dan efeknya beneran luar biasa. luar biasa bikin galau. hahahaha... serius gue. yang tadinya gak galau cuma gara - gara dengerin lagu itu dan terlalu masuk ke dalam cerita yang lagi dibuat, gue beneran jadi ikutan galau. sumpah deh... *lebay*

awal pembuatan novel gue ditemani dengan beberapa lagu milik kahitna. sebut saja cinta sendiri, mantan terindah ataupun cinta sudah lewat. makin kesini, makin bertambah lagunya. antara lain what if milik kate winslet, gravity milik sara bareilles, boyz II men yang i miss you. dan masih banyak lagu lainnya. at the end of story, akhirnya gue dengerin beberapa lagu baru milik anak lokal. yaitu terry dengan kau pilih dia dan winda idol dengan kutemukan penggantinya. (atas saran sang manager yang kebetulan cukup dekat dengan saya)

alhasil, dengan meramu mood galau dan lagu - lagu galau, lahirnya 20 track dengan 238 halaman yang bercerita dalam sebuah novel #prewedding.

hebatkan, luar biasa efek sebuah lagu bisa membangun mood dan merubahnya seketika.

so, masih bingung gimana mau mulai nulis?
jangan bingung - bingung. sekarang ACTION!!!

good luck yess :)
1 Response
  1. emon Says:

    mpek sekarang baru masuk tahap niat. nggak mulai-mulai niih. *menarik nafas yang dalam*
    well, akyu akan mulai dgn ikutan project kumcer kado terindah. progress baru nyampek donlot template nulis buku.hehe ;p
    doakan saya ^^


Post a Comment